Memahami Pentingnya Esensi Roh Kudus



Siapakah Roh Kudus? Hari Pentakosta adalah  hari pencurahan Roh Kudus. Kita  harus memahami esensi dari Roh Kudus. Kenaikan Yesus ke sorga memberikan kepastian bahwa nanti kita akan hidup bersama dengan Dia. Waktu Yesus naik ke sorga, Dia berjanji memberikan Roh Penolong.

Roh  Kudus  adalah  pribadi  yang diberikan  Tuhan  Yesus  sebagai  penghibur  dan  penolong  yang  tinggal  didalam hati manusia. Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Roh  Kudus  berbicara  tentang  buah  Roh. Orang  yang  berbuah  Roh akan mempunyai karunia Roh.

Bentuk / Rupa Roh Kudus



1. Seperti burung merpati


"Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari airdan  pada  waktu  itu  juga  langit terbuka  dan  Ia  melihat  Roh  Allah seperti burung  merpati turun  ke  atas-Nya, " (Mat. 3:16)

Karakter dari burung merpati adalah tulus dan setia.

2. Seperti tiupan angin keras


"Ketika tiba hari Pentakosta,  semua  orang  percaya  berkumpul  di  satu  tempat.

Tiba-tiba  turunlah  dari  langit suatu  bunyi seperti tiupan  angin  keras yang memenuhi  seluruh  rumah,  di  mana  mereka  duduk;  dan  tampaklah  kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing." (Kis. 2:1-3)

Roh Kudus tidak mempunyai wujud tetapi dapat dirasakan seperti halnya tiupan angin. Karya Roh Kudus membuat kehidupan kita berbeda.


3. Seperti nyala api

Wujud Roh Kudus yang ketiga adalah seperti nyala api yang berkobar-kobar dan penuh  dengan  semangat  dalam  segala  hal.  Tidak  akan  ada  hal  yang  merintangi kita karena api-Nya tetap ada.



Fungsi Roh Kudus


1. Menginsafkan / Bertobat "Dan  kalau  Ia  datang,  Ia  akan menginsafkan dunia akan  dosa,  kebenaran  dan penghakiman;" (Yoh. 16:8)

Ciri  orang  yang  memiliki  Roh  Kudus  didalam  hatinya,  orang itu  akan  mengakui kesalahannya apabila  berbuat  dosa  dan  mengakui  bahwa  dirinya  lemah  tanpa Tuhan.

2. Memberikan pertolongan
"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya," (Yoh. 14:16)

Roh   Kudus   adalah   pemberian   spesial   yang   sudah   Tuhan   tentukan untuk menyertai kita selamanya.

3. Mengerti kebenaran
"yaitu Roh  Kebenaran. Dunia  tidak  dapat  menerima  Dia,  sebab  dunia  tidak melihat  Dia  dan  tidak  mengenal  Dia.  Tetapi  kamu  mengenal  Dia,  sebab  Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu." (Yoh. 14:17)

Orang yang memiliki Roh Kudus tidak akan kompromi dalam kehidupan. Mereka hanya akan berpihak kepada kebenaran.

4. Memberikan penghiburan Yoh. 14:26 "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus." (Yoh. 14:26a) Penghiburan  yang  datang  dari  Tuhan  harganya  sangat  luar  biasa  tidak  dapat dibanding  dengan penghiburan  dari manusia.

Penghiburan Tuhan membuat  hati kita damai dan sukacita walaupun situasi yang dihadapi mengecewakan kita.

5. Memberikan hikmat "Dialah    yang    akan mengajarkan segala    sesuatu    kepadamu    dan    akan mengingatkan kamu   akan   semua   yang   telah   Kukatakan   kepadamu." (Yoh. 14:26b) Roh  Kudus  mengingatkan  apabila  ada  pengajaran  yang  salah.

Pondasi  yang KUAT (Membaca Firman Tuhan) akan menghasilkan Bangunan yang KUAT.

Janji kedatangan kembali "Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata  kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu." (Yoh. 14:28)

Roh Kudus akan menuntun kita terus sampai kedatangan-Nya yang kedua kali. Kehidupan  rohani  orang  Kristen  yang tidak  ada Roh  Kudus  :  Semangat  di  awal, namun  lama  kelamaan  akan  turun.

Pola  ini  akan  terus  terjadi  sampai  terjadi regresif / kemunduran. Dan pada  akhirnya meninggalkan  Tuhan  ( murtad /  bunuh diri / depresi) karena belum ada Roh Kudus dalam diri mereka.

Baca Juga : #MURTAD Mereka Masih Punya Harapan Keselamatan! 

Kehidupan  rohani  orang  Kristen  yang sudah  ada Roh  Kudus  :  Selalu  pasti  ada masalah (membuat hidup fluktuatif naik / turun namun lama kelamaan hidupnya akan  diperbarui  dan akan terus meningkat.  Dan pada  akhirnya  memiliki buah-buah Roh.

KESIMPULAN

1. Roh Kudus adalah pribadi Allah yang hidup dalam hidup orang PERCAYA
2. Roh Kudus mencari dan menyelamatkan yangg HILANG
3. Roh Kudus menyingkapkan yang TERSEMBUNYI dalam diri Allah
4. Roh Kudus memberikan OTORITAS & WIBAWA dalam setiap tindakan orang PERCAYA
5. Roh Kudus memberikan PENYERTAAN sampai selamanya
6. Roh Kudus memberikan PENGHIBURAN yang berbeda dengan dunia

Related stories