Rumah Tuhan Rumah Berkat Tempat Sumber Berkat

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa (Maz.23:6)

 

Apa yang menjadi tujuan kita masuk ke rumah Tuhan? Seperti Maz. 23:6 mengatakan bahwa kebajikan dan kemurahan akan mengikuti kita, seumur hidup kita jika kita diam di dalam rumah Tuhan sepanjang masa, bukan ditempat lain.

Beberapa hal yang dapat kita pelajari mengenai Rumah Tuhan atau Rumah Ibadah:

1.Rumah Ibadah Tempat untuk Manusia Berbakti ;

Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu ; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu. Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu. ( Kel. 23:25-26)

Tetapi tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu sebagai kediaman-Nya untuk menegakkan nama-Nya di sana, tempat itulah harus kamu cari dan ke sanalah harus kamu pergi.
Ke sanalah harus kamu bawa korban bakaran dan korban sembelihanmu,  persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu, korban nazarmu dan korban sukarelamu, anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu.

Di sanalah kamu makan di hadapan TUHAN, Allahmu, dan bersukaria, kamu dan seisi rumahmu, karena dalam segala usahamu engkau diberkati oleh TUHAN, Allahmu.

Jangan kamu melakukan apapun yang kita lakukan di sini sekarang, yakni masing-masing berbuat segala sesuatu yang dipandangnya benar. (Ula. 12:5-8)

– Tempat Tuhan Bertahta
– Tempat yang Dipilih Tuhan

2. Rumah Perlindungan Tempat Berteduhnya Roh dan Jiwa ;

Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. (Maz. 84:11)
– Tempat Pemulihan ;

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”(Mat. 11:28-30)

3. Rumah Doa Tempat Berkomunikasi dengan Tuhan;

Dan orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku, (Yes. 56:6)

– Tempat Permohonan;

Mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi  segala bangsa.(Yes. 56:7)

-Tempat Utama Tuhan Dengarkan Doa;

Maka berpalinglah kepada doa dan permohonan hamba-Mu ini, ya TUHAN Allahku, dengarkanlah seruan dan doa yang hamba-Mu panjatkan di hadapan-Mu ini! Kiranya mata-Mu terbuka terhadap rumah ini, siang dan malam, terhadap tempat yang Kaukatakan akan menjadi kediaman nama-Mu– dengarkanlah doa yang hamba-Mu panjatkan di tempat ini.

Dan dengarkanlah permohonan hamba-Mu dan umat-Mu Israel yang mereka panjatkan di tempat ini; bahwa Engkau juga yang mendengarnya dari tempat kediaman-Mu, dari sorga; dan apabila Engkau mendengarnya, maka Engkau akan mengampuni.(2 Taw. 6:19-21)

4. Rumah Berkat Tempat Sumber Berkat;
 
Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan ! Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran! Diberkatilah dia yang datang dalam nama TUHAN! Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN.(Maz. 118:25-26)

– Tempat Mezbah Tuhan;
 
Kaubuatlah bagi-Ku mezbah dari tanah dan persembahkanlah di atasnya korban bakaranmu dan korban keselamatanmu, kambing dombamu dan lembu  sapimu.

Pada setiap tempat yang Kutentukan menjadi tempat peringatan bagi nama-Ku, Aku akan datang kepadamu dan memberkati engkau.(Kel. 20:24)

– Tertanam;

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelat aran Allah kita.

Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya. (Maz. 92:12-15)
5. Peduli Rumah Tuhan Tanda Bersyukur;

Lalu bernazarlah Yakub: “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.

Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.” (Kej.28:20-22)

– Tanda Bersyukur dan Bersekutu

Tidak ada tempat lain yang dapat kita datangi yang lebih baik selain datang ke dalam rumah ibadah atau rumah Tuhan, banyakhal yang dapat kita lakukan di dalam rumah Tuhan dan banyak hal juga yang dapat kita terima dari rumah Tuhan.

Mari datang ke rumah Tuhan dengan penuh sukacita, beribadah kepada-Nya dan senantiasa menyenangkan hati Tuhan, maka pemulihan, kebaikan dan berkat-berkat Tuhan akan tercurah atas kita.

Related stories